Sukses

Beauty

Efek Samping Pahitnya Pare

Siapa yang tidak kenal dengan buah Pare. Buah yang selalu dapat kita temui di piring siomay kita atau di restoran-restoran masakan Sunda. Buah yang khas dengan rasa pahitnya ini ternyata menjadi favorit banyak orang lho Ladies. Karena meskipun rasanya pahit tapi buah ini juga mempunyai beberapa manfaat, salah satunya penyembuh penyakit diabetes.

Menurut laurencius1.blogspot.com, buah pare atau bitter melon ini dapat digunakan untuk penyembuhan penyakit diabetes mellitus. Ini dikarenakan kandungan dalam pare ini yaitu saponin, flavonoid, dan polifenol (antioxidant kuat), serta glikosida cucurbitacin, momordicin, dan charantin yang diketahui dapat menurunkan gula darah.

Tapi Ladies, konsumsi pare yang berlebihan juga menimbulkan efek samping, karena sifat toksisitasnya. Terkait dengan penyembuhan diabetes, pemberian sebanyak 250-500 gram pare dapat menyebabkan penderita diabetes mengalami nyeri perut dan diare.

Sedangkan informasi lain yang dilansir dari sweetpearls.com, konsumsi pare yang berlebihan akan berbahaya bagi kaum adam karena dapat mematikan sperma dan mengakibatkan impoten, merusak buah pelir bahkan berpotensi merusak liver.

Selain itu untuk ibu hamil juga sangat dianjurkan untuk membatasi konsumsi pare. Hal ini pernah dicobakan terhadap tikus yang sedang mengandung yang setelah diberikan jus pare. Tikus itu menjadi keguguran. Jadi Ladies, ini berarti apapun yang kita konsumsi itu harus pas takarannya dan tidak boleh berlebihan atau bahkan kurang.

Oleh: Fadhila Eka Ratnasari

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading