Sukses

Beauty

Daun Dewa, Manfaatnya Juga Dewa!

Ladies, sudah pernah mendengar nama daun dewa? Daun yang berbentuk dan terlihat seperti tanaman rumput biasa yang tumbuh tinggi ini merupakan tumbuhan dengan segudang manfaat, lho. Yuk, telusuri lebih jauh mengenai tumbuhan ini.

Seperti yang dijelaskan manfaatdaunobat.blogspot.com, tinggi tumbuhan ini bisa mencapai sekitar 50 cm. Batang dan daunnya menyatu, berwarna hijau tua, dengan batang yang terus bertambah seiring dengan usianya. Bentuk daunnya bulat telur memanjang dengan lengkungan-lengkungan yang tidak tajam, namun berujung lancip. Panjang daun dewa bisa mencapai 8-20 cm dengan lebar 5-10 cm. Daun ini asalnya dari Sumatera Barat dan dikenal dengan nama san qi cao di Cina.

Menurut deherba.com, efek farmakologis dari daun ini adalah untuk melancarkan peredaran darah, mengatasi luka memar, peradangan, pembengkakan, antinyeri, serta menurunkan kolesterol jahat. Senyawa aktif yang terdapat dalam daun dewa adalah flavonoid, monoterpen, dan seskuiterpen lakton, yang seluruhnya diketahui mampu menekan pertumbuhan senyawa karsinogen dalam tubuh.

Beberapa penyakit yang bisa diobati dengan konsumsi rutin daun dewa adalah stroke, rematik, kencing manis, jantung koroner, hipertensi, kanker, demam berdarah, tumor. Untuk aplikasi sebagai obat luar, daun dewa mampu mengatasi luka bekas jahitan, luka terbuka (karena kecelakaan dan sebagainya), flek hitam di wajah dan luka bekas gigitan hewan berbisa.

Banyak orang yang juga mengambil manfaat dari daun dewa untuk menjaga kesehatan badan dengan memakannya mentah-mentah seperti lalapan, karena daun ini berasa tawar.

Oleh: Mazhi

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading