Sukses

Beauty

Manfaat Kulit Buah Manggis Untuk Pengobatan Alami

Siapa yang tidak suka buah manggis yang putih bersih dan terasa sangat manis? Buah yang tumbuh banyak di daerah tropis ini disebut sebagai ratunya buah alias Queen of Fruit. Tapi apakah Anda sudah familiar dengan kegunaan dari kulitnya?

Menurut sukmainspirasi.com, senyawa yang terdapat dalam kulit manggis memiliki sifat alami sebagai anti diabetes, anti kanker, anti peradangan, anti bakteri dan anti jamur. Vitamin C yang kaya yang dimiliki oleh buah manggis dapat memenuhi kebutuhan tubuh sebesar 12% dari setiap 100 gram daging buahnya.

Beberapa senyawa utama yang bermanfaat untuk kesehatan Anda dari kulit manggis ialah sebagai berikut ini, dilansir dari deherba.com.

1. Xanthone
Dalam kulit manggis, terdapat beberapa turunan dari xanthone yaitu alfa-mangostin. Nah, zat ini berfungsi untuk menekan pertumbuhan senyawa karsinogen pada usus besar. Selain itu, zat turunan lainnya adalah gamma-mangostin yang memiliki fungsi menjauhkan tubuh dari berbagai macam penyakit dan berperan sebagai senyawa anti-inflamasi. Dengan begitu, kulit manggis efektif untuk mengobati arthritis dan Alzheimer.

2. Tanin
Senyawa ini adalah salah satu anti oksidan kuat yang berguna menghambat perkembangan sel tumor.

3. Antosianin
Ini juga merupakan senyawa anti oksidan aktif yang mampu menghambat pertumbuhan kanker, mengobati diabetes, kardiovaskuler dan neuronal.

Rasa kulit manggis memang pahit getir seperti kulit buah pada umumnya. Tapi, setelah tahu manfaatnya seperti di atas, pahit getir rasanya terkalahkan oleh manisnya kesehatan, kan?

Oleh: Mazhi

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading