Sukses

Beauty

Lidah Buaya: Kondisi Tanah, Penyakit dan Hama

Aloe vera atau yang lebih kita kenal sebagai lidah buaya adalah tanaman yang bermanfaat bagi kesehatan dan sering digunakan sebagai masker. Menanam lidah buaya sendiri tidak terlalu sulit, tapi tetap harus dirawat dengan baik.

Untuk merawat tanaman ini beberapa hal yang harus diperhatikan adalah paparan kondisi tanah,penyakit, dan hama. Menurut laman garden.lovetoknow.com ada tiga hal yang harus Anda perhatikan mengenai kondisi tanah untuk menanam lidah buaya.

1. Tanah harus dikeringan dengan baik dengan rasio pasir yang lebih banyak.
2. Pasir yang ditambahkan sendiri sebaiknya diambil dari sungai daripada pantai karena lebih cocok dengan lidah buaya.
3. Jika Anda menanam di pot, pastikan pembaharuan unsur hara tanah selalu ada dengan menggunakan teh kompos atau cacing tanah.

Selanjutnya Anda harus memonitor kesehatan tanah. Maksudnya Anda harus tahu bahwa lidah buaya bisa juga terkena penyakit. Laman tipsplants.com melansir dua penyakit lidah buaya yaitu, pembusukan akar dan pembusukan kering. Pembusukan akar dapat terjadi karena penyiraman yang berlebihan, dan pembusukan kering adalah kondisi dimana lidah buaya terlihat lemah karena kesalahan dalam pemeliharaannya.

Walaupun duri dari lidah buaya cukup melindunginya dari hama, namun binatang seperti kutu putih bisa menyerang lidah buaya. Nah, kalau serangan kutu putih ini semakin banyak dan serius rawatlah dengan mengunakan minyak hortikultura atau pestisida, saran laman homeguides.sfgate.com. Secara umum Anda bisa segera mempraktekkan hal-hal di atas untuk tanaman lidah buaya Anda.

Oleh: Hening

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading