Sukses

Beauty

Panduan Menanam Lobak

Lobak dikenal sebagai bahan yang mampu melezatkan masakan. Menurut laman horseradish.org, sejak kurang lebih 3000 tahun yang lalu lobak telah digunakan sebagai perangsang seks, pengobatan rematik, ramuan pahit untuk cedar Paskah, dan penambah aroma untuk daging sapi, ayam dan seafood.

Jika Anda mempunyai tanaman ini sendiri di rumah, maka Anda tidak hanya mempunyai bahan untuk masakan enak tapi juga untuk mengobati penyakit. Untuk itu ikuti panduan menanam lobak yang dilansir laman organicgardening.com berikut.

a. Tempat menanam
Lobak akan tumbuh subur dengan banyak sinar matahari dan masih bisa menghadapi tempat teduh. Tanahnya bisa apa saja asal tersedia air yang cukup. Berikan ruang yang cukup karena nanti repot memindahkannya kalau sudah ditanam.

b. Menanam
Tanam lobak dari buahnya atau akarnya karena lebih mudah didapat daripada benihnya. Waktu yang baik untuk menanam adalah saat musim semi atau musim gugur. Kendurkan tanah sampai 30 cm dan tambahkan satu sekop kompos.
Tanam potongan akar pada sudut 45 derajat dengan bagian atas
pemotongan 5 cm di bawah garis tanah. Jika ingin banyak menanam siapkan ruang terpisah bagi lobak sepanjang kurang lebih 75 cm, dan jangan sampai terbalik menanamnya.

c. Pertumbuhan
Siramlah lobak 1 kali seminggu selama musim kering dan menggunakan beberapa senti pupuk di sekitar lobak untuk membantunya menghemat kelembaban.

d. Panen
Lobak bisa dipanen setelah satu tahun penanaman. Hati-hatilah dalam menggali tanah jauh dari akar utama, jaga akar yang membebaskan akar samping dan tarik pada waktu yang bersamaan. Gosok akar utama di bawah air mengalir dan keringkan dengan baik.

Oleh: Hening

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading