Sukses

Beauty

Bagaimana Membuat Cuka Herbal?

Umumnya cuka tidak berwarna alias bening dan rasanya sama yaitu masam. Kalau Anda suka mencampur cuka pada makanan atau salad Anda, tidak ada salahnya Anda berkreasi dengan memberi warna dan sedikit rasa yang berbeda.

Untuk campurannya, Anda bisa menggunakan kemangi, cae kering, rosemary, cilantro, daun sage dan juga thyme. Menurut about.com,cara membuatnya pun juga tidak terlalu susah kok Ladies. Yang harus Anda lakukan adalah:

1. Cuci dan bilas sampai bersih bahan-bahan sudah Ladies pilih sebagai campuran.
2. Cuci botol dan perlengkapan masak lainnya di air panas untuk membuatnya steril lalu biarkan sampai kering.
3. Tumbuh bahan campuran pilihan Ladies dan masukkan ke dalam botol sampai memenuhi sepertiga bagian botol. Kocok agar herbalnya bercampur.
4. Didihkan cuka lalu masukkan ke dalam botol yang berisi herbal. Jangan isi sampai penuh, sisakan 1/2 inci dari bibir botol.
5. Tutup botol rapat dan biarkan sampai dingin.
6. Masukkan ke dalam kulkas, bukan di freezer ya Ladies. herbal akan meresap setelah 1 hingga 2 minggu berada di dalam kulkas.
7. Peras herbal sesekali agar kandungan, warna, dan rasanya bercampur dan membuat cuka bertahan lebih lama.

Cuka herbal ini akan memiliki manfaat seperti apa yang ada pada herbalnya. Jangan terlalu lama menyimpan cuka, karena biasanya cuka hanya bertahan beberapa bulan bahkan kurang dari 3 bulan.

Oleh: Faris Faishal

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading