Sukses

Beauty

Efek Samping Kulit Manggis

Ladies, Anda tentu telah mengenal buah manggis sejak lama bukan? Ya, buah yang satu ini sedang marak diperbincangkan oleh banyak kalangan sebagai obat yang ampuh untuk mengatasi berbagai jenis penyakit khususnya tumor dan kanker.

Seperti yang dilansir dalam herbalisnusantara.com, tanaman manggis ini memiliki pohon yang selalu hijau dengan ketinggian antara 6-20 meter loh. Batangnya berdiri tegak, kulit batangnya berwarna coklat dan memiliki getah yang berwarna kuning. Buahnya berbentuk bulat berwarna ungu tua dengan diameter 5-7 cm. Tanaman ini juga dapat tumbuh di daerah jawa pada daerah dataran rendah sampai dengan ketinggian 1000 meter di atas permukaan laut.

Bibit atau tanaman muda harus selalu di lindungi dan akan berbuah pada usia 8-15 tahun loh! Lama juga ya Ladies. Tapi Anda harus bersabar karena jika manggis sudah tumbuh Anda akan mendapatkan manfaat yang sangat besar dan tidak akan rugi deh.

Seperti yang dilansir dalam forum.kompas.com, bagian terpenting yang paling disoroti dari tanaman manggis adalah kulitnya nih. Karena kulit manggis mengandung senyawa xanthone yang kini banyak dibuat lebih modern berbentuk sirup nih. Sirup ini sangat digemari karena mengandung zat antioksidan yang dapat melawan radikal bebas yang bersifat antidiabetes, antikanker, anti peradangan, anti bakteri, dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Namun, yang perlu diingat adalah kulit manggis mengandung kadar resin, tanin, serat kasar, dan komponen lain yang susah untuk diserap tubuh. Jadi, jika mengkonsumsi kulit buah yang masih mengandung endapan akan berbahaya untuk kesehatan ginjal dan usus. Jika muncul gejala gangguan tersebut, segara hentikan pemakaian dan hubungi dokter ya.

Oleh: Gilang Pratiwi

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading