Sukses

Beauty

Kenali Jati Belanda, Nikmati Manfaatnya

Indonesia terkenal dengan tanaman obatnya yang bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai penyakit secara alami. Kini, pengobatan secara alami semakin dilirik loh karena efek samping yang lebih rendah daripada obat-obatan kimia yang selama ini ada di pasaran.

Salah satu tanaman yang dimanfaatkan adalah jati belanda. Biasanya, bagian daunlah yang digunakan sebagai bahan dasar pembuatan obat atau ramuan nih Ladies. Dalam health.kompas.com, khasiat daun ini telah teruji untuk mengatasi resiko diare, manurunkan berat badan, hingga menekan kenaikan kolesterol loh.

Dari jaman dahulu, sebenarnya masyarakat tradisional khususnya masyarakat jawa sudah menggunakan rebusan daun ini untuk melangsingkan badan tuh. Tidak heran, mengapa produsen jamu modern kini banyak yang menggunakan ekstrak daun jati belanda sebagai bahan dasar ramuan pelangsing.

Tanaman dengan nama latin guazuma ulmifolia ini biasanya memiliki tinggi kurang lebih sekitar 10 meter ya. Batangnya keras, permukaannya kasar, bercabang ranting dan warnanya hijau keputihan. Daunnya tunggal berbentuk bulat telur sampai dengan lonjong. Permukaan daunnya kasar dan tepinya bergerigi. Ujung daun runcing serta pangkalnya berlekuk. Panjang daunnya hanya sekitar 10-16cm saja.

Seperti yang dilansir dalam herbalisnusantara.com, selain daunnya, kulit kayu dan buahnya pun bermanfaat loh. Jika daun digunakan untuk menurunkan berat badan dan menghilangkan kegemukan, maka buahnya dapat digunakan sebagai obat untuk bronkhitis dan mengobati sakit perut atau kembung tuh. Bagimana Ladies, berminat mencoba?

Oleh: Gilang Pratiwi

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading