Sukses

Beauty

Tumbuhan Kayu Manis

Ladies, Anda pasti pernah memasak dengan kayu manis kan? Rempah-rempah ini dapat Anda temukan dengan mudah di supermarket atau pasar tradisional. Jika ditambahkan dalam masakan, rasa dan aroma kayu manis sangat khas dan dapat menambah sedapnya masakan.

Tapi kayu manis tidak hanya dapat digunakan dalam dunia kuliner saja. Dalam ilmu pengobatan alternatif, kayu manis merupakan sejenis obat herbal yang telah lama dimanfaatkan untuk mengobati berbagai macam penyakit, seperti diabetes, kanker, dan arthritis. Untuk mendapatkan khasiat kayu manis, kita harus mengekstrasi terlebih dahulu bagian dalam batang kayu manis dengan merendamnya di dalam air hangat.

Ekstrak kayu manis diperoleh dari pohon kayu manis (Cinnamomum Verum dan Cinnamomom Cassia). Pohon kayu manis termasuk dalam golongan family Lauraceae, genusnya adalah Cinnamomum, dan speciesnya Verum dan Cassia. Cinamommun Verum tumbuh di Sri Lanka, sedangkan Cinamommum Cassia tumbuh subur di area Asia Tenggara dan Cina.

Nah, jika Anda belum tahu, menurut cinnamonextract.net, tumbuhan kayu manis berupa tanaman berkayu dengan tinggi mencapai 10 hingga 15 meter. Karena umumnya tumbuh di daerah tropis yang memiliki cukup kelembaban, tumbuhan ini dapat tumbuh dengan baik di sepanjang tahun.

Daun kayu manis berwarna hijau, bentuknya oval panjang, dengan panjang kira-kira 7 hingga 18 cm. Bunga kayu manis berwarna hijau dan tampak tumbuh berkelompok di sekitar rantingnya. Sedangkan buah kayu manis umumnya berbentuk seperti berry berukuran 1 cm dengan warna ungu. Bagian dalam batang kayu manis inilah yang dipakai sebagai obat herbal.

Oleh: Ayu Liskinasih

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading