Sukses

Beauty

Yuk, Berkenalan Dengan Licorice

Ladies, Anda pasti pernah mendengar licorice kan? Biasanya ekstrak licorice dapat kita temukan dalam permen atau tambahan perasa pada makanan-makanan manis lainnya. Di Indonesia, licorice lebih sering disebut dengan akar manis. Pemakaian akar manis di Indonesia selain untuk tambahan perasa manis pada makanan, juga dimanfaatkan sebagai obat herbal. Sebenarnya, seperti apa sih tumbuhan akar manis itu?

Menurut licoricerootextract.com, akar manis merupakan bagian akar dari tanaman bernama Glycyrrhiza. Tanaman Glycyrrhiza merupakan anggota keluarga Fabaceae (kacang-kacangan). Spesies tanaman Glycyrrhiza Glabra ditemukan tumbuh secara liar di bagian utara Eropa, dan telah berhasil diklasifikasikan oleh seorang ahli botani asal Swedia bernama Carl Linnaeus.

Kerabatnya, spesies tanaman Glycyrrhiza Uralensis ditemukan tumbuh subur di wilayah Cina dan Rusia. Tanaman ini telah berhasil diklasifikasikan oleh seorang ahli botani Rusia keturunan Jerman, yaitu Ludwig Fischer.

Tanaman Glycyrrhiza merupakan tanaman yang dapat tumbuh dan bertahan selama bertahun-tahun. Bentuknya berupa semak-semak dengan tinggi pohon mencapai 1,2 hingga 1,5 meter. Daun Glycyrrhiza dapat tumbuh sepanjang 7 hingga 15 cm. Sedangkan bagian bunga tanaman ini umumnya berwarna ungu, namun terkadang bisa juga berwarna biru muda. Buah Glycyrrhiza berbentuk seperti kacang polong dengan panjang 2 hingga 3 cm dan bergantung menjuntai pada ranting-rantingnya. Nah ladies, yang dijadikan obat herbal dari tanaman ini adalah ekstraknya yang berasal dari bagian akar.

Oleh: Ayu Liskinasih

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading