Sukses

Beauty

Membuat Jamu Beras Kencur Sendiri di Rumah

Jamu beras kencur? Nama jamu jenis ini mungkin sudah tak asing lagi di telinga. Jamu beras kencur ini, berdasarkan situs www.anneahira.com, memang rasanya tidak seperti jamu kebanyakan yang pahit dan tidak enak. Justru, rasa jamu ini manis dan enak. Jamu beras kencur dikenal memiliki banyak khasiat yang baik bagi tubuh, seperti dalam mengobati batuk, sariawan, pegal, dan masih banyak lagi. Oleh karena itu, tak akan rugi jika Anda rajin-rajin meminum jamu ini.

Nah, Ladies, jika Anda hobi mengkonsumsi jamu beras kencur ini, Anda mungkin tertarik untuk mengetahui bagaimana cara membuatnya agar Anda dapat membuatnya sendiri di rumah. Dengan membuat jamu beras kencur sendiri, Anda tak perlu lagi ragu akan kualitas kebersihan, keamanan, dan kesegarannya, kan?

Berdasarkan situs www.raja-resep.info, bahan-bahan yang diperlukan adalah 4 sendok makan beras putih, 150 gram gula merah yang telah diiris tipis-tipis, 1/8 sendok teh garam, 3 sendok makan asam jawa, 15 cm kencur, 2 cm jahe, 2 buah jeruk limau (lemon), dan 1 liter air matang.

Untuk membuatnya, pertama-tama rendam beras selama 1-4 jam, lalu tiriskan. Buang biji asam jawa, siram asam jawa ini dengan 10 sendok air matang, remas-remas sebentar, lalu ambil airnya. Kupas kencur dan jahe dari kulitnya, lalu cuci hingga bersih dan potong kecil-kecil. Tak lupa, cuci jeruk limau hingga bersih lalu potong menjadi 2 bagian.

Cara membuatnya tidak susah. Anda cukup memasukkan beras, garam, gula merah, jahe, kencur, larutan asam jawa dan air ke dalam blender, lalu blender hingga halus. Kemudian, saring air dari ampasnya dan tambahkan perasan air jeruk limau dan aduk hingga rata.

Tertarik mencoba, Ladies?

Oleh: Alfi

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading