Sukses

Beauty

Ramuan Daun Salam: Obat Gatal-gatal, Diare, dan Maag

Jika mendengar nama daun salam, kira-kira apa manfaat yang terlintas dipikiran Anda? Daun salam sebagai bumbu masak mungkin sudah banyak dikenal, namun sebagai obat mungkin banyak yang belum tahu. Nah, Ladies, banyak jenis penyakit yang dapat disembuhkan dengan daun salam, di antaranya adalah penyakit gatal-gatal, diare, dan maag. Mau tahu bagaimana caranya?

Cara menggunakan daun salam sebagai obat gatal, misalnya seperti gatal yang muncul karena kudis, datang dari situs www.iptek.net.id. Dalam membuatnya, Anda tak hanya menggunakan daun salam, namun juga menggunakan kulit batang, dan/atau akar.

Caranya adalah dengan menggiling daun, kulit batang, dan/atau akar (bisa ketiganya, namun jika susah, bisa hanya menggunakan salah satu bagian tanaman salam saja) hingga lembut seperti bubur. Bubur salam ini dapat kemudian Anda oleskan pada bagian tubuh yang terasa gatal.

Penggunaan daun salam sebagai obat diare tercantum dalam situs khasiatdaunalami.blogspot.com. Bahan-bahan yang diperlukan adalah 15 lembar daun salam segar, garam dapur secukupnya, dan 2 gelas air. Pertama-tama, cuci daun salam hingga bersih.
Kemudian, rebus daun salam dengan air hingga mendidih. Setelah mendidih, tambahkan sedikit garam dalam air rebusan ini. Angkat lalu biarkan hingga dingin. Untuk meminumnya, jangan lupa untuk menyaring ampasnya terlebih dahulu.

Sedang untuk mengobati maag, caranya membuat ramuannya ada pada situs infoherbaltradisional.blogspot.com. Untuk membuatnya, Anda perlu menyiapkan 15 hingga 20 lembar daun salam, gula enau (gula aren) secukupnya, dan ½ liter air. Pertama-tama, cuci daun salam hingga bersih, lalu rebus daun salam dengan air hingga mendidih (kurang lebih 15 menit). Tambahkan gula aren, lalu angkat dan biarkan hingga dingin. Minum air rebusan ini hingga sembuh.

Oleh: Alfi

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading