Sukses

Beauty

Tanaman Kencur Bisa sembuhkan Tetanus

Tanaman kencur yang memiliki nama latin Kaemferia Galanga adalah salah satu tanaman dari familia Zingiberaceae yang juga termasuk dalam daftar Tanaman Obat Keluarga (TOGA). Kalau sudah termasuk dalam TOGA, bisa disimpulkan kalau kencur ini memiliki fungsi sebagai tanaman obat.

Bahan dasar dari jamu beras kencur ini memiliki ciri-ciri fisik batang yang pendek mirip dengan kunyit dan kunir. Daunnya tunggal dan kalau tumbuh akan melebar serta menyusuri di permukaan tanah.

Nah, kalau suatu waktu Ladies berjalan lalu menginjak kaki Anda terbentur meja atau jatuh dan mengalami bengkak-bengkak. Tanaman kencur ini bisa digunakan untuk meredakan bengkak tersebut lho Ladies.

Nah, untuk meracik obat bengkak dari tanaman kencur ini, silahkan ikuti beberapa langkah berikut yang dilansir oleh warintek.ristek.go.id:

1. Siapkan beberapa rimpang kencur yang akan digunakan. Lalu cuci dan lumatkan hingga halus. Akan lebih baik jika mencucinya dengan menggunakan air panas agar kencurnya lebih steril.

2. Tempelkan hasil lumatan kencur tersebut di lokasi bengkak, lalu balut menggunakan perban atau kain bersih. Jangan lupa untuk selalu mengganti ramuannya dengan ramuan baru setiap dua hari sekali.

3. Potong kencur sebesar ibu jari.

4. Siapkan pula beberapa bahan berikut; setengah biji pinang, asam kawak dengan ukuran sebesar telur puyuh dan 5 helai daun dadap.

5. Cuci bersih dengan air hangat lalu lumatkan hingga halus.

6. Sama seperti langkah nomor 2, tempelkan hasil lumatan tadi ke area yang bengkak. Lalu jangan lupa mengganti ramuan sekaligus kain pembalut bengkak yang Anda gunakan.

Oleh: Sony Anshar

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading