Sukses

Beauty

Ubi Kayu Sebagai Obat?

Pernahkan Anda merasakan dan memakan ubi kayu? Ini adalah salah satu makanan yang sangat diperhitungkan terutama di daerah pedesaan. Sifatnya yang sangat mudah tumbuh, membuat orang banyak menanamnya. Apalagi, dengan hanya memotong batangnya saja, dan menancapkannya di tanah, ubi pohon ini sudah bisa tumbuh. Rasa ubinya pun enak baik digoreng atau pun dibakar. Nah, bagaimana bisa ubi kayu ini bisa dimanfaatkan sebagai obat.

Ternyata ubi kayu ini memiliki khasiat yang luar biasa dan juga tidak banyak orang duga sebelumnya. Dalam hal ini, ubi kayu memiliki kandungan kimia per 100 gram, seperti yang dirilis khasiatdaunalami.blogspot.com, berupa Kalori 146 kal, Protein 1,2 gram, Lemak 0,3 gram,Hidrat arang 34,7 gram, Kalsium 33 mg, Fosfor 40 mg, Zat besi 0,7 mg

Nah, untuk kandungan gizinya, ubi kayu ini juga tak kalah ampuh. Dalam 100 gram-nya, ubi kayu ini memiliki Vitamin B1 0,06 mg, Vitamin C 30 mg.

Sekarang giliran daunnya. Pada bagian ini memang biasa dibuat sebagai lalapan atau sayur sebagai tambahan lauk makanan. Sudah tahukah bahan kimia apa saja yang dimilikinya? Ternyata daun ubi kayu memiliki (per 100 gram), Vitamin A 11000 SI, Vitamin C 275 mg, Vitamin B1 0,12 mg, Kalsium 165 mg, Kalori 73 kal, Fosfor 54 mg, Protein 6,8 gram, Lemak 1,2 gram, Hidrat arang 13 gram, Zat besi 2 mg.

Pantas saja jika tanaman ini bisa menjadi salah satu obat, menurut herbalisnusantara.com, untuk reumatik, demam, sakit kepala, Diare, cacingan, mata kabur, nafsu makan, luka bernanah, luka baru kena panas.

Oleh: Nurrohman Sidiq

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading