Sukses

Beauty

Tanaman Obat, Waru

Salah satu tanaman obat yang tidak banyak orang ketahui manfaatnya adalah tanaman waru. Tanaman ini padahal sangat mudah tumbuh di daerah kawasan pantai yang tidak berawa atau di dekat pesisir. Selain itu, waru ini sebenarnya sangat mudah ditemukan di daerah ladang atau perkebunan. Di daerah Jawa, seperti Jawa Timur, pepohonan jenis waru ini bahkan biasa tumbuh disekitar rumah. Penduduk pun biasa menggunakannya sebagai bahan makanan untuk ternak.

Waru yang memiliki nama latin Hibiscus tiliaceus L, memnpunyai banyak kandungan kimia yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Menurut hahihuheho123.blogspot.com, waru ini memiliki kandungan khusus yang disebut protein dan zat tanin. Zat-zat ini ternyata sangat berguna untuk menanggulangi beberapa penyakit sekaligus perawatan tubuh seperti batuk, melancarkan air seni, menyuburkan rambut dan obat demam.

Jika dilihat dari ciri fisiknya, tanaman ini akan tumbuh dengan batang lurus pada tanah yang subur. Tapi untuk tanah yang kurang subur, batang berubah menjadi bengkok. Pohon waru ini dapat tumbuh hingga 5-15 m. Batangnya berkayu, bercabang dan berwarna coklat.

Nah, jika memang Anda menginginkan waru sebagai tanaman obat ini tumbuh di area rumah Anda, sepertinya memang harus diperhitungkan juga jika pohon bisa tumbuh menjadi besar. Pasalnya, ini akan memakan tempat cukup luas. Hingga akhirnya membuat kerusakan jika tidak sering ditebang.

Oleh: Nurrohman Sidiq

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading