Sukses

Beauty

Ragam Efek Samping Dari Aloe Vera

Ladies, Aloe vera atau lidah buaya kaya akan manfaat yang baik untuk tubuh. Tanaman obat ini dipercaya membantu menyuburkan rambut, mengurangi iritasi, mengobati luka bakar, mengurangi peradangan, mengobati anemia, dan masih banyak lagi. Namun, pada orang-orang tertentu perlu ada batasan terhadap penggunaan Aloe vera ini, karena ada efek samping toga yang ditimbulkannya.

Menurut laman webmd.com ada beberapa hal yang perlu diingat agar penggunaan Aloe vera terbatas pada orang-orang tertentu seperti orang hamil dan orang yang memberikan asi eksklusif. Penggunaan Aloe vera dalam bentuk gel atau getah yang dikonsumsi tidak baik untuk mereka karena akan mengakibatkan kegugura ataun resiko kelahiran cacat.

Anak-anak juga rentan terkena efek samping tanaman ini apalagi jika dikonsumsi oleh anak dengan usia dibawah 12 tahun. Efek yang ditimbulkan antara lain sakit perut, kram dan diare.

Disebutkan bahwa salah satu manfaat tanaman obat ini adalah membantu menurunkan gula darah, namun begitu bagi anda penderita diabetes sebaiknya memonitor selalu gula darah anda jika memang mengkonsumsi Aloe. Bagi anda yang juga akan menjalani operasi dan sedang dimonitor gula darahnya sebaiknya jangan mengkonsumsi Aloe setidaknya dua minggu sebelum operasi.

Penderita hemoroid lebih baik menghindari mengkonsumsi produk Aloe apapun karena dikhawatirkan mengandung getah. Getah Aloe malah membuat penyakit hemoroid semakin memburuk. Getah Aloe yang dikonsumsi dengan dosis tinggi juga dapat dihubungkan dengan gagal ginjal atau masalah serius lainnya.

Oleh: Rahmawati

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading