Sukses

Beauty

Efek Samping Si Pahit Pare

Ladies, pare yang pahit dikatakan dapat menyembuhkan berbagai penyakit dan menjaga kesehatan tubuh. Apalagi jika anda penderita diabetes, kandungan dalam pare yang berperan seperti insulin dapat menurunkan kadar gula dalam darah. Nah, selain manfaat yang bisa diambil untuk orang-orang tertentu pare justru menimbulkan reaksi yang tidak baik.

Seperti tanaman obat lainnya, pare juga mempunyai efek samping toga. Disebutkan pada laman webmd.com belum diketahui secara pasti apa dampak yang akan diberikan jika mengkonsumsi pare dalam waktu yang lama atau aplikasinya pada kulit.

Pada ibu hamil, kandungan yang terdapat dalam pare apabila dimakan bisa menyembabkan pendarahan seperti orang yang sedang menstruasi dan menurut penelitian terhadap hewan percobaan yang sedang hamil pemberian pare bisa menyebabkan keguguran.

Jika anda penderita diabetes yang sedang menjalani pengobatan untuk menurunkan kadar gula dalam darah dan mengkonsumsi pare, dikhawatirkan kadar gula justru akan lebih menurun drastis. Sebaiknya awasi penurunan kadar gula anda.

Pare sebaiknya tidak dikonsumsi oleh orang yang menderita defisiensi Glucose-6-phosphate dehydrogenase (G6PD) yang bisa menyebabkan anemia berat. Jika dikonsumsi penderita G6PD ini akan mengalamai pusing, demam, sakit pada perut, dan yang paling parah adalah koma.

Belum diketahui efek samping pare jika dikonsumsi oleh orang yang akan menjalani operasi. Apakah ada hubungannya dengan turunnya gula darah yang menyebabkan gangguan atau tidak masih tidak jelas. Namun jika anda akan menjalani operasi sebaiknya hentikan konsumsi pare dua minggu sebelum penjadwalan operasi anda.

Oleh: Rahmawati

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading