Sukses

Beauty

Mengenal Bunga Cantik Passiflora

Ladies, jika anda mendengar bunga passiflora pastinya tak akan terbayang bahwa tanaman ini adalah salah satu jenis tanaman obat. Ya, passiflora atau passion flower ini memang tanaman obat yang cantik. Bunga yang masih famili Passifloraceae ini mempunyai nama latin Passiflora incarnate ini masih kerabat dekat buah markisa.

Passiflora merupakan tanaman merambat dengan sulur yang muncul dari bagian daun. Passiflora bisa merambat dengan panjang sampai 2-6 m. Panjang daunnya mencapai 6cm dan dengan lebar 15cm. Daun tanaman ini biasanya berwarna hijau dan bergerigi halus. Sedang bunganya yang terkenal cantik ini biasanya berwarna ungu pucat, putih, kebiruan, kemerahan,dan magenta.

Tiap bunga memiliki 5 buah kelopak, tiap kelopaknya memiliki panjang 3-4 cm dan lebar mencapai 4-7mm. Bunga passiflora memiliki sepal juga berjumlah 5 dengan panjang mencapai 2,5 sampai 3,5 cm. Bunga dari tanaman obat ini merupakan bunga kompleks yang memiliki mahkota yang seperti poni banyak muncul di atas kelopak bunga. Mahkota bunga passifloris umumnya berwarna putih atau lavender dengan pita berwarna ungu.

Tanaman ini mulai mekar pada bulan Juni sampai dengan September atau di awal musim semi sampai di awal musim gugur. Bunga Passiflora juga mempunyai buah, umumnya tumbuh dua atau tiga bulan setelah bunga mekar dan buahnya bisa dipanen sekitar bulan Juli sampai Oktober. Buah bunga passiflora berbentuk bulat telur dan berwarna kekuningan dengan panjang 4-10cm.

Oleh: Rahmawati

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading