Sukses

Beauty

Daun Tapak Liman

Daun tapak liman memiliki beraneka ragam nama lokal seperti tapak liman (Indonesia), tutup bumi (Sumatera), balagaduk dan jukut cancang (Sunda), tapak tangan dan talpak tana (Madura), serta Ku di dan (China).

Jenis tanaman dalam family Compositae ini juga memiliki nama ilmiah Elephantopus scaber L. Tapak liman memiliki tubuh tegak dengan tinggi sekitar 30 cm dan juga dedaunan yang penjang menjalar. Batangnya pendek, berwarna kehijauan, dan ditumbuhi bulu-bulu halus di sekitarnya. Akar dari tumbuhan tapak liman berukuran sekitar 18 cm.

Dikutip dari greenworld2.byethost18.com, semua daun Tapak Liman berada pada pangkal batangnya yang membentuk kumpulan daun yang menutupi permukaan tanah. Daun tunggal berkumpul di bawah membentuk roset, berbulu, bentuk daun jorong, bundar telur memanjang, tepi melekuk dan bergerigi tumpul.

Daun Tapak Liman berukuran cukup lebar sekitar 3-6 cm dan memiliki panjang sekitar 20-30 cm. Bagian tepi daunnya bergerigi dan seluruh permukaan daunnya berbulu. Bunga bentuk bonggol, banyak, warna ungu. Buah berupa buah longkah.

Tumbuh liar di berbagai tempat seperti mulai dari dataran rendah hingga ketinggian 1200 di atas permukaan laut. Anda dapat menemukan daun tapak liman dengan mudah. Ketika anda berjalan di sawah atau ladang tanpa disadari anda bisa saja menginjaknya.

Ladies, daun tapak liman ini dipercaya untuk menurunkan panas dalam, mengobati reumatik, dan juga dianggap mampu mengobati penyakit ambeien.

Oleh: Rannie 

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading