Sukses

Beauty

Berbagai Jenis Tanaman Obat

Indonesia identik dengan tanah yang subur. Berbagai jenis tanaman tumbuh di Indonesia. Beberapa diantaranya dapat kita gunakan sebagai obat. Tanaman seperti ini biasa isebut tanaman obat. Ladies, apa saja sih tanaman obat?

• Temulawak (Curcuma xanthorhiza roxb)

Temulawak termasuk keluarga jahe (zingiberaceae). Dilansir oleh duniatehnikku.wordpress.com, temulawak tumbuh seperti semak tanpa batang.

Dari pangkal berupa tangkai daun yang panjang dan tegak. Tinggi tanaman sekitar 2 meter. Daunnya bundar memanjang seperti daun pisang. Temulawak tumbuh subur di dataran rendah, sekitar 750 m dpl. Penyebarannya banyak ditemukan di pulau Jawa, Maluku, dan Kalimantan.

• Kunyit (Curcuma longa Linn)

Kunyit juga termasuk keluarga jahe (zingiberaceae). Dilansir oleh budidaya-petani.blogspot.com, tanaman ini berupa semak. Tingginya sekitar 40-100 cm.

Bentuk batangnya tegak, bulat, dan berwarna hijau kekuningan. Batang tersusun dari pelepah daun. Daun berbentuk bentuk bulat, memanjang, dan berwarna hijau pucat. Bunga berwarna putih kekuningan. Kunyit tumbuh subur didaerah berketinggian 1300-1600 m dpl. Kunyit banyak ditanam di Jawa Tengah.

• Keji Beling (Stachytarpheta mutabilis, Vahl)

Keji beling atau biasa disebut sambang geteh termasuk keluarga Acanthaceae. tanaman ini juga tergolong tumbuhan semak yang biasa hidup menggerombol.

Tinggi tanaman sekitar 1-2 m. Bentuk daunnya bulat telur, dengan permukaan berbulu halus, dan tepi daun beringgit. Warna permukaan daun bagian atas hijau tua sedangkan bagian bawah hijau muda. Keji Beling tumbuh subur di keinggian 1000 m dpl.

Ladies, mulai kenali tanaman obat di sekitar Anda ya!

Oleh: Afif Mukminin

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading