Sukses

Beauty

Sudah Kenal Dengan Pohon Aren?

Ladies, jika anda suka minum es buah tentunya anda juga suka kolang kaling yang berasal dari buah aren. Buah aren merupakan jenis tanaman dari famili arecaceae atau palmae. Mendengar kata palmae, mungkin yang terlintas dalam otak anda adalah pohon kelapa.

Ya, tanaman yang satu ini memang hampir sama dengan pohon kelapa dilihat dari segi bentuk pohon dan daunnya. Perbedaannya, jika pohon kelapa batang pohonnya bersih karena pelepah daun yang tua mudah lepas, maka batang pohon aren ini sangat kotor karena batangnya terbalut oleh ijuk sehingga pelepah daun yang sudah tua sulit diambil atau lepas dari batangnya.

Dikutip dari laman www.iptek.net.id, tumbuhan aren memiliki tinggi pohon yang mencapai 25 meter dengan diameter hingga 65 centimeter. Panjang tangkai daun aren mencapai 1,5 meter.

Hampir sama dengan tinggi manusia bukan? Panjang helaian daunnya mencapai 1,45 meter dengan lebar 7 cm dan terapat lapisan lilin di bagian bawah daun.

Tanaman aren memiliki bunga jantan terpisah dari bunga betina dalam tongkol yang berbeda yang muncul di ketiak daun dengan panjang tongkol hingga 2,5 m. Buah aren berbentuk bulat peluru, dengan diameter sekitar 4 cm, beruang tiga dan berbiji tiga, tersusun dalam untaian seperti rantai.

Setiap tandan mempunyai 10 tangkai atau lebih, dan setiap tangkai memiliki lebih kurang 50 butir buah berwarna hijau sampai coklat kekuningan. Buah ini tidak dapat dimakan langsung karena getahnya sangat gatal.

Menurut id.wikipedia.org, tanaman aren dapat ditemukan di daerah beriklim tropis seperti di Indonesia.

Oleh: Rannie 

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading