Sukses

Beauty

Mengenal Si Cantik Sirih Merah

Ladies, pernahkah anda mendengar tentang sirih merah? Tanaman ini mungkin sering anda jumpai di kebun atau taman sebagai tanaman hias dikarenakan bentuk, warna dan coraknya yang menarik.

Mungkin Anda kurang mengenal jenis tanaman obat yang satu ini, tapi perlu Anda ketahui kalau sirih merah sangat bermanfaat sebagai obat bahkan melebihi sirih hijau yang sering Anda temui.

Menurut sirihmerah.org, tanaman yang berasal dari Sulawesi ini memiliki kandungan seperti alkaloid, saponin dan flavonoid yang memiliki fungsi dan khasiat luar biasa.

Alkaloid, seperti dilansir dalam science.howstuffworks.com, merupakan komponen aktif dari banyak anestesi, obat penenang, stimulan, dan relaksan. Maka dari itu, rebusan daun sirih merah dapat membantu menurunkan kadar stress dan mengendurkan syaraf-syaraf Anda yang tegang setelah seharian beraktivitas.

Saponin berfungsi sebagai antibiotik yang akan bekerjasama dengan sistem imun Anda menjaga daya tahan tubuh. Sedangkan flavonoid, menurut www.whfoods.com, dapat membantu melindungi pembuluh darah dari kebocoran, meningkatkan imunitas tubuh, dan mencegah peradangan.

Selain itu, menurut id.wikipedia.org, juga dapat digunakan sebagai obat diabetes militus, hepatitis, asam urat, batu ginjal, menurunkan kolestrol, mencegah strok, keputihan, radang prostat, radang mata, maag,dan memperhalus kulit.

Cara tanam dan perawatan sirih merah pun tidak sulit. Anda bisa menanamnya di dalam pot dan menyiapkan sebatang kayu atau tiang untuk merambatkan pohonnya.

Cara penyajiannya juga mudah, cukup petik tiga sampai empat lembar daun sirih merah dan rebus dengan dua gelas air, biarkan mendidih dan tersisa segelas air rebusan. Rasanya yang pahit getir mungkin menjadikannya tidak enak diminum, tapi khasiat yang dihasilkan sangat cepat terlihat.

Dengan begitu Ladies, sirih merah bukan hanya dapat mempercantik rumah anda namun juga menjaga kesehatan tubuh anda. Berminat mencoba?

Oleh : Anindya Febi

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading