Sukses

Beauty

Mengenal Karakteristik Jintan

Jintan memang mempunyai segudang manfaat bagi tubuh. Tak hanya itu biji jintan juga biasa dibuat bahan masakan oleh masyarakat di India, Arab, Cina dan Mesir. Jintan dengan nama latin Cuminum cyminum ini biasanya yang dimanfaatkan oleh masyarakat adalah bijinya.

Tanamannya sendiri menurut botanical.com terdiri dari akar, daun, biji dan bunga. Akar dari jintan ini ramping dan bercabang. Akar jintanTidak begitu tinggi, paling tinggi hanya mencapai satu kaki. Daun dari jintan sama seperti daun adas.
Berbentuk panjang, kecil dan bersegmen-segmen, daun jintan lebih kecil dari daun adas dan tidak warnanya hijau gelap dan lebih gelap lagi diujungnya. Bagian atas daun hampir tidak ada batangnya namun bagian daun yang paling bawah mempunyai batang daun yang lebih panjang. Bagian daun hampir mirip seperti rumput yang menjulur jika dilihat dari kejauhan.

Daun dari tanaman jintan itu kecil. Warnanya hampir sama seperti warna kemerahan atau merah muda milik bungan mawar. Umbelnya hanya terdiri dari empat atau enam dengan panjang hanya 1/3 inci. Biasanya bunga jintan mekar sekitar bulan Juli dan Juni.

Pada bulan-bulan tersebut bunga jika sukses akan berubah menjadi biji. Biji jintan berbentuk persegi panjang dan bagiannya lebih tebal di tengah. Panjangnya sekitar 5 inci saja. Warnanya biji jintan terang dan permukannya tidak rata, hampir lurus tak berbentuk.

Oleh: Rahmawati

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading