Sukses

Beauty

Sudah Pernah Dengar Tentang Daun Senna?

Ladies, pernahkah pernah mendengar yang namanya godong seno? Ternyata itu merupakan istilah jawa dari daun sena lho. Daun senna atau yang sering disebut dengan daun jati cina terkenal sebagai teh pelangsing tubuh.

Daun yang memiliki nama latin Cassia Angustifolia merupakan sebuah tanaman perdu yang biasa di dapati di daerah Arab atau daerah Afrika Utara seperti dijelaskan pada situs woman.thenest.com.

Pada abad ke-9 seorang ahli media Arab, Serapion dan Sesue yang memberinya nama dalam bahasa Arab dan menggunakannya sebagai lacxative atau obat pencahar.

Daun Senna merupakan semak yang memiliki tinggi hingga 1,5 meter. Daunnya majemuk bersirip genap yang terdiri dari 6-7 helai dengan bentuk bulat dan menyempit tanpa anak ujung di bagian ujung daun. Warna daun serna hijau terang hingga kekuningan.

Ciri berikutnya adalah memiliki bunga lengkap terdiri dari 5 bunga bersimetri tunggal dan 5 kelopak bunga. Mahkotanya terdiri dari 5 daun berwarna kuning yang tersusun sirip.

Buahnya berbentuk elips lebar, ginjal, pipih, dengan panjang 4-7 cm dan lebar 2 cm. Jika masak buah tersebut pecah dan mengeluarkan biji 6 hingga 10 biji perbuah.

Kandungan daun Senna meliputi anthraquinon, sennosida, glikosida dianthrone. naftalene glikosida, hidroksian thrasen.

Ladies, masih penasaran kan bagaimana cara pemanfaatan daun yang mampu mengurangi berat badan Anda ini? Daun senna dapat diseduh dengan air panas seperti teh rosella.

Akan tetapi penyajian teh daun senna yang kental justru lebih baik. Caranya, seduh 2 sendok teh daun sena dalam 200 ml air panas dan diamkan selama 15 menit.

Oleh: Rannie

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading