Sukses

Beauty

Kenal Lebih Jauh Yuk Dengan si Putri Malu

Ladies, siapa sih yang tidak mengenal putri malu? Tanaman yang memiliki nama latin Mimosa Pudica ini merupakan famili dari Mimosaccae yang sering kita jumpai di pinggir- pinggir jalan.

Seperti yang dilansir kembali di laman en.wikipedia.org, tanaman putri malu dapat tumbuh dan cepat berkembang biak di tanah lapang, tumbuh tidur di tanah, kadang-kadang tegak. Bentuk batangnya bulat, berbulu dan berduri.

Daun putri malu bentuknya kecil-kecil tersusun majemuk, lonjong dengan ujung lancip, warnanya hijau (ada yang warna kemerah-merahan). Bila daun disentuh akan menutup maka dari itu sering disebut sensitive plant. Bunga putri malu berbentuk bulat seperti bola, warna merah muda, dan bertangkai.

Putri malu mengandung mimosine yang bersifat manis dan agak dingin yang mampu meredakan batu berdahak, mengatasi insomnia, mengobati radang tenggorokan atau bronkitis, menurunkan panas tinggi pada anak, mengobati herpes pada kulit yang disebabkan oleh virus ataupun bakteri jahat, serta ampuh dalam pengobatan cacingan dan reumatik. Akar dan biji dari tanaman putri malu juga berkhasiat untuk merangsang muntah.

Putri malu dapat digunakan sebagai obat luar dan obat dalam. Pemanfaatan putri malu dapat dilakukan dengan cara menumbuk daunnya lalu ditempelkan pada bagian tubuh yang sakit untuk mengobati herpes atau merebus kemudian diminum guna mengobati panas, radang, batuk, dan sakit yang lainnya.

Ladies, perlu diketahui juga bahwa putri malu tidak disarankan bagi Anda yang sedang mengandung karena dapat membahayakan janin dalam kandungan Anda.

Oleh: Rannie

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading