Sukses

Beauty

Bersantai Dengan Secangkir Secang Merah

Indonesia merupakan negara yang sangat kaya dengan beragam jenis tanaman obat. Pemanfaatan tanaman obat pun beragam dari mulai daun, buah, batang, bunga, biji, akar sampai serutan kayu pun bisa dijadikan obat. Contohnya yang satu ini Ladies, kayu secang.

Kayu dari tanaman secang, seperti dilansir dari obatnaturals.blogspot.com, dapat mengobati diare, disentri, malaria, mengurangi batuk berdarah, sifillis, radang selaput lendir mata, mengatasi pembengkakan akibat tumor, dan mempercepat penyembuhan luka memar dan tetanus. Kayu secang juga mengandung warna merah alami yang bisa digunakan sebagai pewarna makanan.

Cara mengolah kayu secang cukup mudah, seperti yang sering Anda lakukan ketika menyeduh teh. Anda hanya perlu menyeduh kayu secang dengan segelas air panas atau merebus kayu secang secukupnya dengan dua gelas air dan dibiarkan mendidih sampai tersisa satu gelas. Selagi hangat, Anda bisa meminumnya secara langsung, atau kalau masih belum terbiasa dengan rasanya, Anda bisa menambahkan sedikit gula atau madu pada air rebusan kayu secang.

Kayu secang mudah didapat di toko-toko obat herbal dengan harga yang terjangkau. Manfaat kayu secang, seperti dikutip dari rempahtubruk.com, didapat dari komponen senyawa-senyawa kimia yang terkandung di dalamnya, seperti asam galat yang berfungsi sebagai antioksidan, tannin dan resin yang sering ditemui di teh, dan minyak atsiri sebagai relaksasi dan aromaterapi.
Kandungan komponen kimia tersebut bisa memberikan efek positif pada tubuh Anda. Jadi, mau mencoba teh herbal satu ini, Ladies?

Oleh : Anindya Febi

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading