Sukses

Beauty

Berbagai Macam Manfaat Tanaman Lidah Buaya

Lidah Buaya atau yang lebih dikenal sebagai Aloe Vera adalah tanaman yang mengandung sekitar 75 jenis zat yang telah dikenal bermanfaat dan lebih dari 200 senyawa lain yang membuatnya layak digunakan dalam pengobatan herbal.

Zat-zat tersebut merupakan enzim yang membantu pencernaan dan mengurangi peradangan. Semua jenis vitamin dan 22 jenis asam amino berfungsi sebagai anti-mikroba terkecuali vitamin D dan Saponin.

Selain itu, lidah buaya juga mengandung Eksudat, yaitu getah yang keluar dari daun ketika dilakukan pemotongan. Eksudat berbentuk cair dengan warna kuning serta rasa pahit dan mengandung sejumlah zat seperti 8-dihidroxianthraquinone (Aloe Emoedin) dan glikosida (Aloins).

Dikutip dari galeriabiee.wordpress.com ada beberapa manfaat lain dari lidah buaya yang mungkin anda perlu tahu.

- Untuk kepala
Seperti mencegah kebotakan, mengatasi ketombe dan kondisioner alami bagi rambut

- Untuk wajah
Seperti pelembab alami wajah dan masker untuk wajah berminyak

- Untuk kulit
bisa mengobati luka bakar, memudarkan bintik kehitaman pada kulit, bisa digunakan setiap hari untuk memudarkan bekas luka dan strecth mark, garis-garis putih atau merah akibat kehamilan, mengatasi masalah kulit kering, kemerahan, mengelupas, dan iritasi ringan atau ruam yang disebabkan cuaca, dan seperti ditambahkan health.kompas.com, bisa mendinginkan kulit yang terbakar sinar matahari, terutama bagi yang kerap bekerja di luar ruangan.

- Untuk mulut dan pencernaan
meningkatkan kesehatan mulut, mengurangi keluhan pada masalah gusi dan membantu kinerja usus

- Untuk tubuh secara umum
bisa meningkatkan kekebalan tubuh, membantu meluruhkan racun (Detoksifikasi), mengendalikan diabetes dan mengatasi kutu air.

Oleh: Faizin

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading