Sukses

Beauty

Bagaimana Mengoptimalkan Temuwalak Sebagai Obat

Bagi masyarakat Indonesia, temulawak sering terdengar di telinga kita. Namun, tahukah ladies bagaimana cara meggunakan temulawak sebagai obat tradisional atau obat herbal? Sebelum membahas bagaimana cara menggunakannya, ladies juga perlu tahu apa saja khasiat dari tanaman khas Indonesia ini.

Menurut situs iptek.com, temulawak memiliki beberapa khasiat seperti mengobati sakit limpa, sakit ginjal, sakit pinggang, asma, sakit kepala, masuk angin, maag, sakit perut, memperbanyak produksi ASI, menambah nafsu makan; mengatasi sembelit, sakit cangkrang, cacar air, sariawan, dan perawatan kulit terutama jerawat.

Mengolah temulawak untuk dijadikan obat tradisional biasanya selalu identik dengan minuman atau jamu. Pada awalnya memang selalu dibersihkan sebelum dan sesudah dikupas kulitnya yang tipis. Setelah dikupas, temulawak dapat dimasak dengan cara diiris tipis-tipis dan direbus hingga mendidih.

Air dibiarkan hingga dingin dan disaring untuk diambil airnya saja dan kemudian diminum 2 hingga 3 kali dalam sehari. Selain diiris, situs herbalisnusantara.com juga menjelaskan cara menggunakan temulawak dengan cara ditumbuk dan dioleskan di tubuh.

Ladies bisa mencoba membuat obat herbal sendiri dari bahan tanaman obat temulawak ini. Selain cara menggunakannya relatif mudah, ladies juga dapat dengan mudah menemukan temulawak baik di tempat pasar tradisional hingga modern.

Atau, jika ladies memang memerlukan temulawak sebagai bahan obat herbal yang sering (dalam hal ini ladies memang benar-benar membutuhkan obat berbahan temulawak secara rutin), maka ladies dianjurkan untuk memiliki temulawak sendiri di kebun. Tanaman temulawak dapat tumbuh dengan mudah di tanah halaman rumah dan perawatannya pun relatif mudah.

Oleh: Guk Sueb

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading