Sukses

Beauty

Daun Katuk dan Beragam Manfaatnya

Daun katuk yang terlihat seperti daun hijau pada umumnya ternyata memiliki banyak manfaat. Berikut manfaat daun katuk yang berguna bagi anda:

1. Melancarkan Asi
Seperti yang dijelaskan di blogerbugis.blogspot.com, kandungan protein, senyawa-senyawa penting seperti saponin, flavonoid, tannin, dan triterpenoid, asam amino dan vitamin A, B, dan C, kalsium, fosfor, dan besi serta tujuh senyawa aktif lainnyaterbukti sangat baik untuk melancarkan ASI.

2. Menyehatkan mata
Kandungan vitamin A yang terdapat dalam katuk diperlukan tubuh untuk mencegah penyakit mata dan gangguan mata lainnya.

3. Mengandung Kolagen
Kolagen yang merupakan protein berserat pembentuk jaringan ikat pada tulang sangat berguan untuk mengangkut lemak, meyehatkan gusi sehat, meningkatkan imunitas, membantu mengatur kadar kolesterol dalam darah. Selain itu, kolagen juga bermanfaat untuk meyembuhkan luka dan meningkatkan fungsi otak seperti yang dilansir dilaman gen22.net.

4. Menanggulangi Anemia
Dr. Drh. Agik Suprayogi dari IPB dalam penelitiannya mengungkapkan bahwa daun katuk berguna untuk menanggulangi penyakit kurang darah atau anemia. Disebutkan bahwa setiap 100 gram zat daun katuk mengandung 2,7 miligram zat besi yang berguna bagi penderita anemia. Juga, kandungan kalsiumnya sebanyak 204 miligram atau empat kali lebih tinggi dibandingkan kandungan mineral daun kol juga membantu meredakan gejala kurang darah.

5. Mengandung klorofil
Kandungan klorofil dalam katuk paling banyak dibandingkan tanaman lain. Fungsi darimkorofil ini adalah untuk membersihkan jaringan tubuh dan tempat pembuiangan sisa metabolism sekaligus mengatasi parasite, bakteri, dan virus.

Oleh: Faizin

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading