Sukses

Beauty

Daftar Manfaat Adas

Ladies, tanaman adas adalah jenis tanaman obat yang mengandung banyak sekali manfaat bagi tubuh. Adas yang digunakan di Indonesia rata-rata hanya bagian bijinya. Sedangkan dari mulai umbi sampai daunnya sebenarnya juga bisa dimanfaatkan.

Seperti yang dilansir dari laman whfoods.com adas bermanfaat bagi kebaikan tubuh. Adas memiliki kombinasi phytonutrient unik di dalamnya. Diantaranya flavonoid rutin, quercitin, dan bermacam kaempferol glycosides. Itu semua merupakan aktivitas antioksidan yang diperlukan oleh tubuh untuk melawan radikal bebas.

Namun senyawa phytonutrient yang paling menarik yang ada dalam adas adalah anethole. Yaitu komponen dari minyak yang serbaguna. Dalam penelitian yang dilakukan pada hewan, anethole ini berfungsi sebagai anti-peradangan. Dan yang lebih mengagumkan kandungan anethole dalam adas dapat melawan timbulnya kanker.

Para peneliti bahkan telah mengajukan mekanisme biologis yang menjelaskan hubungan anti-peradangan pada adas dan efek anti-kanker ini. Minyak serbaguna dari adas terbukti melindungi hati dari hewan percobaan dari luka racun kimiawi.

Tahukah Ladies, selain senyawa phytronutrient yang terdapat pada adas, umbi adas sendiri adalah sumber vitamin C yang baik. Tak perlu diingatkan lagi bahwa vitamin C mengandung antioksidan yang mampu menetralkan radikal bebas yang ada di lingkungan sekitar tubuh.

Vitamin C yang ada pada adas juga termasuk antimikroba yang diperlukan agar sistem pertahanan tubuh berfungsi dengan baik. Selain itu adas juga mengandung serat, asam folat, dan potassium.

Oleh: Rahmawati

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading