Sukses

Beauty

Khasiat Jintan Yang Luar Biasa

Jintan yang kita kenal adalah bumbu masakan yang biasa digunakan oleh orang-orang yang tinggal di Timur-Tengah, India dan Meksiko. Di balik aromanya yang sangat khas jintan memiliki khasiat yang luar biasa. Apa sajakah itu?

Menurut laman whfoods.com biji jinten dengan nama ilmiah Cuminum cyminum ini merupakan sumber zat besi yang sangat baik. Zat besi merupakan komponen integral dalam hemoglobin yang mengangkut oksigen dari paru-paru keseluruh tubuh.

Zat besi yang terdapat pada jintan menjaga kekebalan dalam tubuh dan baik dikonsumsi bagi wanita saat menstruasi, anak kecil yang sedang tumbuh, atau orang dewasa yang mengalami kekurangan zat besi. Tak hanya zat besi, jintan juga sumber mineral yang berperan penting dalam sistem tubuh.

Jintan juga baik untuk sistem pencernaan tubuh. Jintan dapat membantu menstimulasi kelenjar sekresi enzim pankreas, mengeluarkan senyawa yang dibutuhkan dalam pencernaan. Mereka yang bermasalhhmawatiah dengan pencernaan biasa mengkonsumsi jintan agar menjaga organ pencernaan mereka.

Biji jintan juga mengandung anti-karsinogenik. Pada sebuah penelitian menunjukkan, kandungan dalam jintan mampu melindungi hewan percobaan dari serangan tumor hati dan perut. Efek anti kanker ini bisa jadi karena jintan mampu melawan radikal bebas. Karena kemampuannya yang bisa menangkal radikal bebas ini jintan kemungkinan bisa memberi konstribusi kesehatan yang lebih banyak.

Nah, jintan ternyata banyak sekali ya manfaatnya Ladies.

Oleh: Rahmawati

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading