Sukses

Beauty

Manfaat Besar Kayu Putih

Ladies siapa yang tak kenal dengan kayuputih, pohon yang sering diambil ekstraknya untuk dijadikan minyak ini telah dikenal dan digunakan oleh masyarakat secara luas. Selain untuk mengobati masuk angin adakah manfaat lain dari kayuputih yang anda ketahui?

Seperti yang dilansir dari laman webmd.com minyak kayu putih yang didapat dari proses penguapan daun serta ranting pohon gelam atau kayuputih berguna mengobati demam, flu, sakit kepala, sakit gigi, bahkan tumor. Jika ladies mengalami flu atau batuk, kayuputih berguna membantu anda mengeluarkan dahak yang sering mengganggu sehingga bisa keluar (sebagai ekspektoran).

Selain itu minyak kayu putih bisa digunakan sebagai tonik. Dan sebagian orang menggunakan kayu putih untuk mengurangi rasa gatal akibat gigitan serangga seperti tungau atau infeksi jamur yang menyerang kulit.

Minyak kayuputih telah dikembangkan dan diramu menggunakan bahan-bahan lain yang dijual secara komersil menjadi losion antiseptik. Losion ini digunakan untuk mengobati nyeri sendi atau rematik beserta nyeri-nyeri lainnya.

Dokter gigi menggunakan kayuputih untuk mengurangi rasa sakit pada gusi dan gigi akibat gigi tanggal atau dicabut. Percaya atau tidak, namun ada sebagian masyarakat yang menggunakan kayuputih untuk menambah rasa pada makanan ataupun minuman.

Minyak kayuputih mengandung zat cineole. Zat kimia ini jika diusapkan di kulit dapat membuat permukaan kulit terasa hangat sehingga bisa mengurangi rasa sakit yang berada dibawah permukaan kulit.

Oleh: Rahmawati

(vem/rsk)
Loading