Sukses

Beauty

Licorice Manis Yang Berkhasiat

Ladies pernahkah anda mendengar tanaman licorice? Tanaman yang mempunyai bunga berwarna biru atau ungu ini adalah salah satu jenis tanaman obat keluarga. Karena baunya yang khas biasanya licorice dipakai sebagai penyedap makanan. Nah, selain penyedap apa saja ya khasiat tanaman obat ini?

Menurut laman ageless.co.za licorice yang merupakan ekspektoran dan anti-peradangan adalah tanaman yang biasa digunakan untuk mengobati masalah pernapasan. Ada bermacam zat yang terkandung di dalamnya antara lain flavonoid, isoflavonoid, chalcone dan triterpene saponin, asam glycyrrhetinic.

Untuk pengobatan licorice bisa digunakan di luar tubuh dan di dalam tubuh. Untuk penggunaan luar, lavender bisa untuk mengobati penyakit kulit seperti eksim dan herpes. Karena mengandung anti-inflamasi lavender baik digunakan untuk mengatasi gigitan serangga atau efek terbakarnya matahari pada kulit. Lavender juga merupakan pemanis alami sehingga dalam pengobatan biasanya digunakan sebagai pemberi rasa manis dalam formula obat.

Untuk penggunaan dalam, lavender berguna untuk mengobati asma, bronkitis, batuk, arthitis, dan alergi. Lavender bisa untuk membantu mempercepat penyembuhan radang lambung. Dalam pengobatan Cina, tanaman obat ini digunakan untuk merevitalisasi jantung dan detak jantung, meningkatkan kesehatan limpa, sebagai bahan detoksifikasi tubuh dan membantu sistem pencernaan agar lebih baik lagi.

Selain itu akar lavender yang berbentuk batang bisa dikunyah langsung karena manis seperti permen. Lavender jika digunakan lebih lanjut bisa untuk mencegah keracunan hati dan tuberkolusis.

Oleh: Rahmawati

(vem/rsk)
Loading