Sukses

Beauty

Mengenal Mengkudu dan Cara Mengolahnya

Mengkudu merupakan salah satu tanaman obat yang memiliki berderet manfaat Ladies. Mulai dari obat penyakit kronis, hingga sebagai obat penghilang bau badan tak sedap dan membuat kulit menjadi lebih halus. Mau tahu buah mengkudu dan bagaimana cara mengolahnya sebagai obat? Simak sejenak ulasan herbalisnusantara.com berikut ini ya Moms.

Mengkudu merupakan tanaman asli Indonesia, berjenis pohon yang tidak bergitu tinggi. Karena ukurannya yang tidak besar, pohon mengkudu dapat ditanam di sekitar rumah sebagai koleksi tanaman obat.

Mengkudu memiliki beberapa zat di dalamnya seperti morinda diol, morindone, morindin, damnacanthal, metil asetil, asam kapril dan sorandiyiol. Zat-zat ini biasanya terkandung di buah mengkudu yang sudah masak.

Bagi Ladies yang menginginkan khasiat menjaga kulit agar tetap halus dan bau badan tetap terjaga, caranya yakni dengan menggosokkan buah mengkudu yang sudah masak ke kulit yang bersisik. Tunggu hingga 10 menit dan bilas dengan air hangat. Buah mengkudu yang masak biasanya memiliki aroma yang kurang sedap, tetapi manfaatnya justru sebaliknya pada tubuh Ladies.

Sementara untuk menjaga bau badan agar tetap terjaga, buah mengkudu biasanya dimasak dengan air hingga mendidih dan diminum. Selain itu, Ladies yang ingin mengonsumsi buah mengkudu secara langsung juga dapat memakannya dengan cara menghancurkannya ke dalam blender dan menjadi seperti bahan campuran jus. Metode ini dirasa sangat mudah dan praktis. Ladies perlu menambahkan sedikit gula agar tidak pedas.

Gimana Ladies, tertarik mencoba? Asal tahu saja, seperti ditambahkan laman tanaman.org, sebenarnya masih banyak jenis tanaman obat lain yang juga bisa Anda gunakan untuk beragam keperluan kesehatan, mulai merawat hingga mengobati.

Makanya, terus simak artikel lain terkait tanaman obat di situs ini ya Ladies! Happy reading and learning!

Oleh: Guk Sueb

(vem/rsk)
What's On Fimela
Loading