Sukses

Beauty

Secang dan Khasiat di Dalamnya

Secang merupakan tanaman obat yang biasa dibudidayakan di tanah Jawa terutama daerah Magelang. Dari lansiran laman jamu-nusantara.blogspot.com, disebutkan juga vahwa secang dikenal dengan nama lain Soga Jawa. Karena yang biasa digunakan dari tanaman ini adalah kayunya, maka dari itu biasa disebut kayu secang.

Secang, menurut lansiran dari laman liew267.wordpress.com, memiliki kandungan-kandungan tertentu yang berkhasiat dalam merawat dan menjaga kesehatan tubuh. Kandungan- kandungan dan khasiat tanaman obat ini antara lain:

a. Flavonoid. Kita pastinya tahu flavonoid banyak dicari karena manfaatnya sebagai antioksidan dalam tubuh manusia. Flavonoid juga membantu memaksimalkan kerja vitamin C sehingga membuat tubuh lebih kuat terhadap radikal bebas yang ada di sekitar.

b. Kandungan polifenol dalam secang merupakan antibiotik alami

c. Kandungan minyak atsirinya mempunyai khasiat sebagai antiseptic, obat sakit perut, analgesic, dan sedative

d. Tanin dan asam galat mempunyai peranan untuk menghentikan pendarahan, karenanya secang bermanfaat sekali bagi orang yang baru melahirkan atau tetanus.

e. Brasilin yang terkandung dalam secang mempunyai efek antioksidan dan anti inflamasi atau anti peradangan. Radang selaput mata bisa diobati dengan mencuci mata menggunakan rebusan secang.

f. Secang baik sekali digunakan untuk mengobati diare atau disentri, batuk darah yang biasa dialami oleh penderita TBC, orang yang terkena sifilis, malaria,dan nyeri akibat sirkulasi darah.

g. Dengan penambahan bahan tertentu seperti daun trawas dan ketumbar, secang berguna untuk membersihkan darah.
Sumber

Oleh: Rahmawati

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading