Sukses

Beauty

Temu Ireng Untuk Mengobati Cacingan

Moms sekalian, cacingan sering terjadi di buah hati Anda sekalian. Walau gangguan ini sudah jarang ditemukan saat ini, namun moms perlu tahu bahwa cacingan juga dapat menjadi gejala yang dapat membahayakan kesehatan buah hati Anda. Selain obat farmakologi, ternyata ada tanaman obat yang dapat membantu mengusir dan menghindarkan kita dari bahaya cacingan, yakni temu ireng.

Pada situs ff.unair.ac.id, Temu ireng (Curcuma aeruginosa Roxb) atau dalam nama daerah dikenal dengan nama temu ireng (Jawa, Sumatera, Bali), tamu hitam (Minangkabau), koneng hideung (Sunda), temo ireng (Madura) atau temu lotong (Sulawesi) memiliki kandungan zat yang dipunyainya antara lain adalah minyak atsiri ±2 % dengan komponen kurzerenon, monoterpen dan seskuiterpen ( isofuranodien, furanodienon, dehidrokurdion, kukurmenon dan zedoarol), pati, damar dan lemak. Cara yang umum digunakan sebagai obat tradisonal adalah perasan, rebusan atau seduhan dari rimpang tanaman ini.

Berdasarkan penelitian beberapa ahli, ternyata air rebusan rimpang dari temu ireng ini mampu membunuh cacing. Mungkin inilah kenapa alasan bahwa temu ireng juga kerap dikaitkan dengan obat tradisional yang secara turun-temurun digunakan untuk mengatasi masalah pencernaan.

Selain untuk mengusir cacing, temu ireng juga ampuh untuk membantu moms sekalian jika si buah hati susah makan. Dalam situs kompas.com, temu ireng sangat bermanfaat untuk mendongkrak nafsu makan si buah hati. Khasiat yang sama juga ditemui di beberapa tanaman obat lainnya seperti temulawak.

Oleh: Guk Sueb

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading