Sukses

Beauty

Ini dia Tandanya Toga Anda Kelebihan Air!

Ladies, anda mungkin senang merawat tanaman obat, tapi jika anda terlalu sering menyiramnya, tanaman obat yang anda tanam dapat kelebihan air. Padahal sangat penting bagi anda untuk menjaga agar tanaman obat yang anda tanam tidak kelebihan air dan menjadi busuk karena kelembabannya terlalu tinggi.

Sebenarnya ada kok tanda-tanda yang bisa anda perhatikan dari tanaman obat anda yang dapat mengindikasikan bahwa tanaman anda kelebihan air. Seperti dilansir dari About.com, ini dia tanda-tandanya:
1. Awalnya, daun-daun tanaman berubah warna menjadi kuning.
2. Selanjutnya, daun-daun tanaman berubah warna menjadi semakin gelap dan menghitam.
3. Setelah beberapa lama jamur mulai tampak pada tanaman.
4. Perhatikan apabila tanaman obat anda berhenti atau tidak lagi bertumbuh.
5. Terakhir, tanaman obat anda mungkin tidak bereaksi dengan baik saat disirami (tidak terlihat bertambah segar).

Untuk mengatasi masalah ini, anda dapat mengelompokkan tanaman obat berdasarkan kebutuhan airnya atau frekuensi penyiramannya. Dengan mengelompokkan tanaman-tanaman obat berdasarkan jenisnya, anda akan terbantu mengingat kebutuhan air tanaman dan menyirami tanaman secukupnya saja.

Selain itu perhatikan juga sistem pengeluaran air pada pot agar tanaman obat anda tidak terlalu lembab. Air yang tergenang dapat membuat akar tanaman menjadi busuk. Untuk itu, siramilah bagian akar tanaman saja dan tunggulah sampai tanaman tampak butuh disiram agar air yang seharusnya menyuburkan tidak sampai merusak tanaman.

Oleh: Ayu Liskinasih

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading