Sukses

Beauty

Cara Mearawat Tanaman Mahkota Dewa

Mahkota Dewa adalah tanaman obat asli Indonesia yang bentuknya perdu, buahnya berwarna merah dan berhabitat asal di Papua. Tanaman obat ini memiliki banyak khasiat sehingga sah-sah saja bagi anda jika anda ingin merawat tanaman ini di rumah. Berikut ini cara menanam tanaman mahkota dewa seperti yang ditulis situs nuri-perkebunan.blogspot.com:

1. Pengolahan tanah
Tanah lebih dulu digemburkan lalu diberi pupuk kandang sebanyak 20ton/ha dan membuat lubang tanam yang digali sebesar 30x30x30 cm. Lubang tanam dibiarkan terbuka selama minimal seminggu agar terkena cukup sinar matahari.

2. Pengadaan Bibit
Disebut dalam ekasary91.blogspot.com, ada dua jenis bibit yang bisa digunakan, yaitu bibit dari fase generatif (biji) dan bibit dari fase vegetative (stek batang atau cangkok).

3. Pemupukan
Lebih baik memakai pupuk alami atau organic. Tidak dianjurkan memakai pupuk kimia sebab buah ini akan dimanfaatkan sebagai obat sehingga akan berpengaruh pada khasiat tanaman itu sendiri.

4. Penyiraman
Penyiraman perlu dilakukan pada saat tanam dansesudah tanam saat tanaman masih kecil. Hanya sajabila hari hujan, penyiraman tidak perlu dilakukan. Setelahtanaman berumur 6 bulan sesudah tanam, penyiramanrelatif tidak diperlukan karena jangkauan perakarannya sudah dalam.

5. Penyiangan
Penyiangan dilakukan secara berkala sepanjang tahun. Hal ini dilakukan karena mahkota dewa termasuk tanaman tahunan. Penyiangan umumnya dilkakukan selama 3-4 kali.

6. Pemetikan
Buah bisa dipetik ketika tumbuhan berusia dua bulan. Buah yang sudah matang dan siap dipetik memilki ciri-ciri antara lain, kulit buah berwarna marun dan berbau manis.

Oleh: F’

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading