Sukses

Beauty

Budidaya Sambung Nyawa

Memiliki tanaman obat di halaman sendiri akan sangat membantu. Bila dibutuhkan, kita tak perlu repot-repot mencari, tinggal memetik dari halaman sendiri. Berikut cara penanaman mudah tanaman obat daun dewa/ sambung nyawa.

Daun dewa (Gynura procumbens) tumbuh subur di dataran rendah hingga ketinggian 1.200 m dpl. Tanaman ini tumbuh subur di daerah beriklim sedang sampai basah.

Dilansir melalui distan.riau.go.id, pembibitan tanaman daun dewa dapat dilakukan dengan stek batang dan tunas akar. Bila ingin stek batang, bagian bawah batang dipotong miring agar akar dapat tumbuh banyak. Bila ingin menggunakan tunas, bisa menggunakan atau tanpa akar.

Media yang digunakan adalah tanah dicampur pupuk kandang. Pemupukan lebih baik dilakukan dengan pupuk kandang atau kompos. Pupuk diberikan sekitar 3-7 hari sebelum penanaman.

Setelah ditanam, penyiraman harus dilakukan secara rutin. Daun bisa rusak dan layu jika tidak disiram secara rutin. Pemberantasan gulma juga harus dilakukan secara rutin. Daun dewa dari hasil stek sudah bisa ditanam setelah berumur sekitar 3 bulan.

Dilansir oleh terbarutermudah.blogspot.com, terdapat beberapa jenis hama yang biasa menyerang daun dewa. Beberapa diantaranya adalah Plococcus sp., Sylepta chinensis, Ularchis miliaris, dan Acrida turhita. Hama ini membuat daun-daun dewa berlubang-lubang, bahkan menyisakan tulangnya saja.

Tanaman ini tergolong mudah untuk ditanam, so, Ladies, silahkan mencoba!

Oleh: Afif Mukminin

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading