Sukses

Beauty

Budidaya Pohon Aren

Ladies, seperti yang anda ketahui bahwa kolang kaling yang berasal dari buah aren memiliki banyak manfaat bagi tubuh terutama bagi anda yang menginginkan tubuh langsing dan sedang dalam program diet. Lalu bagaimana dengan cara pembudidayaan buah aren?

Kolang kaling atau buah aren yang memiliki pohon dengan ketinggian hampir 25 meter ini banyak ditemui di daerah tropis termasuk di Indonesia. Tahukah anda bagaimana petani membudidayakan jenis tanaman yang kaya akan serat ini?

Berikut dijelaskan seperti yang di lampir di epetani.deptan.go.id bahwa buah aren dapat ditumbuhkan di area perbukitan, pegunungan, dan lembah sebab tanaman ini tidak membutuhkan kondisi tanah yang khusus serta tidak memerlukan pemeliharaan yang intensif. Buah aren dapat tumbuhpada tanah liat, berlumpur ,dan berpasir pada ketinggian antara 9 – 2000 m dpl dengan curah hujan lebihdari 1.200 mm setahun.

Berikut juga dijelaskan tips membudidayakan pohon aren seperti yang dilansir di situs bibitsawitkaret.blogspot.com

1. Jangan memotong pelepah daun aren jika sudah mengeluarkan tandan karena dapat mengurangi produksi air nira pada pohon aren. Biarkan minimal 18 pelepah pada pohon.

2. Membersihkan ijuk pada pohon. Pohon aren berbeda dengan pohon kelapa jika dilihat dari segi kebersihannya. Pohon aren ditumbuhi banyak ijuk sehingga membuatnya terlihat kotor. Maka dari itu, petani sering membersihkan ijuk yang menyelimuti pohon aren dan biasanya ijuk tersebut dijadikan sapu lidi lho.

3. Hindari membeli bibit aren via kiriman kilat karena produsen terkadang tidak hati-hati dalam mengemas.. Biji yang dipilih untuk pembibitan tanaman aren harus yang berkualitas baik dan sudah matang dengan sempurna.

Semoga bermanfaat.

Oleh: Rannie

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading