Sukses

Beauty

Bagaimana Cara Menanam Jinten?

Dalam dunia kesehatan herbal, jinten sering dimanfaatkan sebagai obat untuk meredakan nyeri dan menghangatkan badan. Jika Anda merupakan salah satu penggemar citarasa dan aroma jinten yang khas, tidak ada salahnya belajar bagaimana menanam jinten sendiri di rumah.

Seperti dilansir dari wisegeek.com, pohon jinten yang kecil dapat tumbuh dengan baik di tanah bersuhu hangat walaupun agak kurang nutrisi. Tanaman jinten membutuhkan kelembaban secara terus menerus dan tanah dengan pengairan yang baik. Ladies, tanaman ini tetap dapat tumbuh baik walaupun ditanam di dalam rumah.

Untuk menanam jinten, Anda dapat menggunakan bibit dari biji jinten kering. Buatlah lubang sedalam 6 cm di tengah pot untuk menanam bibit jinten. Pada kedalaman tersebut, bibit jinten Anda dipastikan akan tetap hangat. Tutuplah bagian atas biji dengan tanah berlumut, tapi sebaiknya jangan menekan-nekan lumut hingga padat.

Letakkan pot di atas alas baki untuk menampung air yang keluar dari dalam pot. Baki ini juga berfungsi untuk memastikan tanaman tidak kekeringan karena dapat menyerap kembali air di baki saat membutuhkannya. Pastikan tanah untuk menanam jinten cukup lembab saat disentuh tapi tidak tergenang air. Setelah itu, letakkan pot di samping jendela yang terkena sinar matahari atau terkena cahaya. Suhu lingkungan di sekitar tanaman jinten harus dijaga tetap hangat, yaitu sekitar 20 derajat celcius.

Jika ditanam di dalam rumah, Anda cukup menyiramnya seminggu dua kali. Tapi jika ditanam di luar rumah, siramlah tanaman jinten lebih sering untuk menjaga tanahnya tetap lembab yaitu antara dua hingga kali seminggu. Yang paling menarik, tanaman jinten tidak perlu dipupuk. Mudah bukan?

Oleh: Ayu Liskinasih

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading