Sukses

Beauty

Membudidayakan Daun Dewa, si Tumbuhan Sambung Nyawa (1)

Ladies, dijelaskan melalui laman distan.riau.go.id bahwa salah satu tanaman herbal yang banyak dijumpai di Indonesia dan sangat bermanfaat adalah tanaman Sambung Nyawa, atau sering juga disebut Daun Dewa.

Jika Ladies ingin menanam tumbuhan berkhasiat tinggi ini, berikut beberapa cara langkah dalam membudidayakannya seperti dikutip dari ditjenbun.deptan.go.id:

1. Lokasi Tumbuh
Daun dewa dapat tumbuh dengan baik di dataran rendah sampai ketinggian 1.200 m dpl (dari permukaan laut). Di samping itu, tanaman tersebut tumbuh di daerah yang beriklim sedang sampai basah dengan curah hujan 1.500 – 3.500 mm/tahun dengan tanah yang agak lembab sampai subur.

2. Persiapan Lahan
Lahan yang dipersiapkan adalah medium tanah yang dibuat bedengan-bedengan dengan lebar sekitar 2 meter. Bedengan tersebut dipakai sebagai media tanam dengan ukuran 20 x 20 x 20 cm.

3. Pembibitan
Cara untuk membibitkan daun dewa ada dua macam. Yakni dengan stek batang dan tunas akar. Jika ingin memakai media stek, maka batang yang dibuat memiliki panjang antara 15-20 cm dan cara memotong miring batang bagian bawahnya lalu dibenamkan sepertiga batag ke dalam media tanam. Media yang dipakai merupakan campuran tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan 70:30 atau 50:50.

Sedangkan penanaman dengan tunas caranya sama. Lama proses persemaian ini adalah 3 bulan. Selama proses persemaian ini, anda bisa menyiramnya setiap hari. Cara ini merupakan cara yang sangat mudah untuk menanam daun dewa.

Oleh: F’

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading