Sukses

Beauty

Ingin Menanam Adas? ini Caranya

Ladies, adas memang mempunyai segudang manfaat. Tanaman obat ini pun bisa ditanam dirumah jika persyaratan media tanam bisa terpenuhi. Jika anda ingin membudidayakan adas bisa dengan mengikuti tips merawat tanaman obat berikut ini.

Menurut laman budidayatanamanobat.blogspot.com adas tidak memerlukan tempat khusus. Adas bisa hidup dimana saja baik dataran tinggi maupun dataran rendah. Cara pertama dalam membudidayakan adas adalah dengan membersihkan media tanam dari gulma.
Media tanam adas bisa di tanah berlempung, tanah berpasir atau berkapur. Asal ditanam dengan drainase atau sistem irigasi yang baik dan pH tanah berkapur antara 6,5-8,0 maka dipastikan adas bisa tumbuh dengan subur.

Setelah tanah bersih dari gulma, maka saatnya menggemburkan tanah menggunakan cangkul. Cara ini dilakukan bersamaan dengan penggarpuan dimana cara ini dimaksudkan untuk mengangkat akar tanaman lain yang masih tersisa. Lalu buatlah lubang dengan jarak tanam per lubang (0,5-1)x1m. Tiap lubang akan diisi satu bibit adas yang sebelumnya telah diisi dengan pupuk kandang sebanyak 100 gram perlubangnya.

Waktu yang paling baik untuk menanam adas adalah sewaktu musim hujan tiba. Setelah adas berhasil ditanam, pemeliharaan jangan lupa dilakukan dengan cara menghilangkan gulma yang ada. Lalu memupuki dan memberantas hama yang ada. Adas dapat dipanen ketika tanaman ini sudah mencapai umur 8 bulan dengan keadaan fisik tanaman berwarna hijau keabu-abuan atau kehitaman dan adas terasa keras saat dipijit.

Nah, semoga bermanfaat!

Oleh: Rahmawati 

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading