Sukses

Beauty

Penyakit Menular Seksual: Syphilis

Apakah itu syphilis? Syphilis adalah sebuah jenis penyakit menular seksual yang disebabkan oleh bakteri. Penyakit ini tidak dapat dianggap sepele; pasalnya jika tidak ditangani secara benar, jiwa penderitanya dapat terancam.

Syphilis merupakan penyakit menular seksual yang umumnya diderita oleh para homoseksual. Seperti dikutip dari laman cdc.gov, diketahui bahwa 72 persen penderita syphilis adalah para pria yang kerap bercinta dengan sesame pria. Anak-anak juga berkemungkinan tertular syphilis, namun hingga saat ini jumlahnya masih sedikit sekali.

Bagaimana penularan syphilis bisa terjadi? Syphilis bisa menular jika orang yang sehat melakukan kontak langsung dengan luka syphilis yang dimiliki oleh penderita syphilis. Luka tersebut umumnya terletak di luar organ seksual, miss V, anus, dan rectum. Luka syphilis juga dapat terdapat pada bibir dan mulut.

Sesuai dengan jenis penyakitnya yang merupakan penyakit menular seksual, syphilis juga bisa menular melalui hubungan seksual yang dilakukan baik melalui miss V, anal, atau oral. Ibu hamil yang menderita syphilis berpeluang untuk menularkan penyakit syphilis pada buah hatinya yang masih berada di dalam rahim.

Ketika seseorang terinfeksi syphilis, maka gejala syphilis tidak langsung muncul. Setelah 10 hingga 90 hari infeksi syphilis meracuni tubuh, maka gejalanya baru akan muncul. Gejala syphilis yang umum muncul adalah berupa luka pada mulut, bibir, dan organ seksual.

Oleh: Pravianti Ayu Mirantiraras

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading