Sukses

Beauty

Waspadai Penyakit Hepatitis B!

Hepatitis ada 3 macam, yaitu A, B, dan C. Jenis hepatitis yang berbahaya dan banyak diderita adalah Hepatitis B. Hepatitis ini dapat muncul hampir tanpa gejala apapun. Penyakit yang satu ini dikenal dapat menyerang hati. Beberapa pasien mengaku mengalami sakit yang menusuk pada perut dan setelah diperiksa ternyata positif mengidap penyakit Hepatitis B.

Menurut informasi yang dilansir situs patient.co.uk, dari 350 orang di Inggris, terdapat 1 orang yang mengidap Hepatitis B kronis. Sedangkan di Asia dan Afrika, diperkirakan dari 10 orang, ada 1 orang positif mengidap penyakit ini. Penyakit ini termasuk penyakit menular. Penyebabnya salah satunya adalah kehidupan seks yang tidak sehat. Orang yang melakukan hubungan seksual dengan pasangan yang sudah terjangkit Hepatitis B kemungkinan akan tertular jika tidak menggunakan pelindung.

Cara penularan Hepatitis B bermacam-macam. Selain lewat hubungan seksual, Hepatitis B juga dapat menular lewat keturunan. Seorang ibu hamil yang mengidap Hepatitis B dapat menularkannya kepada bayi yang dikandungnya. Selain itu, penggunaan jarum suntik yang tidak steril atau digunakan bergantian juga dapat menyebarkan bakteri dan virus penyebab Hepatitis B. Penyakit ini juga tertular lewat transfusi darah, Ladies! Jadi, pastikan Anda atau darah yang digunakan untuk transfusi aman dari virus Hepatitis. Karena penularan terjadi lewat darah, hindari berbagi barang yang kemungkinan dapat terkontaminasi darah seperti sikat gigi, alat-alat kedokteran, dan peralatan tato atau tindik.

Meskipun begitu, penyakit ini tidak dapat tertular melalui jabatan tangan, berpelukan, atau minum dari gelas yang sama. Pemeriksaan dini akan sangat bermanfaat bagi Anda. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Oleh: Rani R. Wati

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading