Sukses

Beauty

Obat Penyakit Lupus Jenis Steroid

Lupus merupakan penyakit yang sangat berbahaya tapi jarang diperhatikan. Obat penyakit Lupus pun belum ada yang bisa menyembuhkan Lupus secara tuntas, hanya mengendalikan gejala yang ditimbulkan.

Obat penyakit Lupus banyak jenisnya. Steroid adalah satu di antaranya. Menurut lupus.org, pemberian steroid pada penderita Lupus berfungsi mengendalikan proses peradangan. Steroid berfungsi seperti hormon cortisol, yang disekresikan oleh kelenjar adrenalin.

Pada orang yang normal, cortisol diproduksi secara alami, berfungsi mengatur tekanan darah, membantu daya tahan tubuh, dan menghentikan peradangan. Pada penderita Lupus, sekresi cortisol mengalami gangguan, sehingga membutuhkan cortisol buatan (sintetis).

Cortisol sintetis itulah yang dinamakan juga sebagai corticosteroid, atau steroid.

Prednisone adalah steroid yang umum diberikan. Namun, jika penderita Lupus pernah mengalami gangguan fungsi hari, prednisolone dan methylprednisolone dipakai sebagai alternatif.

Biasanya, steroid dikonsumsi secara oral (ditelan melalui mulut dalam bentuk pil), tapi pada penderita Lupus, pemakaiannya bisa beragam.

Pada penderita Lupus dengan ruam kulit, steroid dipakai dalam bentuk salep atau gel oles. Di beberapa kasus, steroid langsung disuntikkan ke jaringan kulit penderita ruam.

Pemberian steroid melalu suntikan seperti itu dilakukan jika si penderita Lupus tidak tahan steroid berbentuk pil.

Selain itu, injeksi juga biasa dilakukan jika gejala Lupus yang terjadi adalah nyeri sendi dan kaku otot. Yang namanya buatan, Ladies, pasti memiliki efek samping.

Di laman yang sama dituliskan kalau pemberian steroid bisa berakibat meningkatknya resiko infeksi, perubahan penampilan (moon-face, tumbuhnya jerawat, distribusi lemak tidak merata), dan perubahan kondisi mental.

Gelisah, gugup, terlalu sensitif dan gampang emosi adalah beberapa contoh perubahan kondisi mental yang dimaksud. Pada penggunaan dalam waktu lama, dampaknya lebih berbahaya lagi, Ladies.

Osteoporosis, dan kerusakan tulang pinggul bisa mengancam penderita Lupus yang menggunakan steroid dalam jangka waktu lama.

Jadi, obat penyakit Lupus jenis steroid bisa mengendalikan gejala Lupus secara efektif, tapi tak lepas dari efek samping yang serius.

Oleh : Sahirul Taufiqurahman

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

  • Lupus merupakan penyakit peradangan kronik yang terjadi karena sistem daya tahan tubuh seseorang menyerang sel dan jaringan tubuhnya sendiri

    Lupus

  • Jakarta adalah Ibu Kota Republik Indonesia.
    Jakarta adalah Ibu Kota Republik Indonesia.

    Jakarta

Loading