Sukses

Beauty

Obat Penyakit Lupus dan Efek Sampingnya (1)

Ladies, penderita Lupus diharuskan mengonsumsi banyak obat-obatan. Steroid, modulator daya tahan tubuh, dan antikoagulan adalah beberapa contoh obat penyakit Lupus. Tapi, Ladies tahu gak kalau ternyata masing-masing obat tersebut memiliki efek samping?

Sebelum membahas efek samping obat penyakit Lupus, kita bahas terlebih dahulu penggolongannya ya, Ladies.

Menurut lupus.org, ada 5 golongan obat yang diberikan pada penderita Lupus, yaitu: anti-inflamasi, corticosteroid (steroid), anti-malarial, immune-modulator (modulator imunitas), dan anti-koagulan (anti penggumpalan darah).

Dari golongan anti-inflamasi (anti-peradangan), ada aspirin, acetaminophen, dan NSAIDs (Non-steroidal anti-inflammatory drugs).

Aspirin digunakan sebagai pengobatan pertama pada gejala ringan penyakit Lupus. Efek samping dari Aspirin adalah iritasi lambung. Jika penderita Lupus mengonsumsi Aspirin saat asam lambung naik, iritasi lambung sangat mungkin untuk terjadi.

Acetaminophen adalah obat anti-inflamasi lainnya. Efek samping dari acetaminophen sangat jarang terjadi, Ladies. Tapi, dilansir dari situs yang sama bahwa pernah terjadi kegagalan fungsi hati pada penderita Lupus yang mengonsumsi acetaminophen jenis Tylenol.

Selanjutnya adalah obat-obatan golongan NSAIDs. Dari kepanjangannya bisa diketahui bahwa obat-obatan yang termasuk di dalamnya tidak mengandung steroid. Tapi, jangan lantas mengira bahwa aspirin dan acetaminophen mengandung steroid lho, Ladies.

Aspirin, acetaminophen dan NSAIDs dibedakan berdasarkan kemanjurannya menghentikan peradangan. NSAIDs adalah yang paling manjur, sekaligus dengan efek samping yang semakin berbahaya pula.

Karena itu, untuk mendapatkan obat-obatan golongan NSAIDs tak semudah mendapatkan Aspirin dan acetaminophen. NSAIDs membutuhkan resep dokter dan pengawasan dalam penggunaannya.

Penderita Lupus yang mengonsumsi obat-obatan tersebut secara salah beresiko menderita iritasi lambung parah dan bahkan komplikasi gastrointestinal.

Selain itu, dosis yang terlalu banyak menyebabkan berkurangnya aliran darah ke ginjal sehingga kemampuannya untuk meng-ekskresikan zat buangan tubuh terganggu.

Jadi, itulah efek samping obat penyakit Lupus golongan anti-inflamasi. Selanjutnya, kita akan membahas efek samping pemberian steroid.

Teruskan membacanya ya, Ladies.

Oleh : Sahirul Taufiqurahman

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

  • Lupus merupakan penyakit peradangan kronik yang terjadi karena sistem daya tahan tubuh seseorang menyerang sel dan jaringan tubuhnya sendiri

    Lupus

  • Jakarta adalah Ibu Kota Republik Indonesia.
    Jakarta adalah Ibu Kota Republik Indonesia.

    Jakarta

What's On Fimela
Loading