Sukses

Beauty

Tips Agar Vagina Wanita Tetap Sehat

Menjaga kebersihan vagina sudah menjadi tanggung jawab seorang wanita. Vagina wanita memang sangat rentan terkena infeksi, baik berupa bakteri maupun akibat kotoran.

Sebagai seorang wanita, Anda harus mengetahui cara-cara merawat vagina yang baik dan benar Ladies. Berikut tips yang dapat Ladies terapkan berdasarkan m.wikihow.com, agar mengurangi resiko terjangkit infeksi maupun keputihan pada vagina.

Tips pertama, pakailah sabun yang memang khusus untuk membersihkan vagina ya. Sabun yang cocok biasanya adalah sabun yang memiliki PH agak mirip dengan PH vagina Anda. PH berkisar antara 3,5-4,5. Dalam merawat vagina Anda sangat penting menjaga tingkat keasaman vagina agar mencegah timbulnya bakteri pada vagina.

Jika Anda ingin memakai antiseptik, gunakanlah antiseptik yang disarankan dokter. Artinya sebelum Anda menggunakan sebuah produk, konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter ya Ladies.

Tips kedua, Ladies harus mengurangi pemakaian celana dalam yang terlalu ketat. Karena jika pakaian terlalu ketat, suasana vagina akan terasa panas dan lembab. Hal ini tentu saja akan memicu perkembangan bakteri penyebab penyakit loh Ladies. Jadi, jangan terlalu sering memakai pakaian ketat ya.

Selanjutnya, jangan pernah memakai wewangian atau deodoran pada daerah vagina. Karena deodoran dapat memicu timbulnya jamur dan mengakibatkan keputihan pada vagina Ladies. Kemudian selalu ganti pakaian dalam secara teratur dan terjaga kebersihannya. Usahakan gunakan air hangat untuk membersihkan daerah sekitar vagina. Karena bakteri pada air hangat kemungkinan besar telah mati.

Selain itu, hal lain yang perlu Ladies perhatikan adalah lakukanlah hubungan intim yang aman. Pastikan pasangan Anda tidak memiliki riwayat penyakit kelamin yang dapat menginfeksi kesehatan kelamin Anda.

Oleh : Dwi Yonas P.

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading