Sukses

Beauty

Orkitis - Penyakit Pada Organ Reproduksi Pria

Anda pasti telah membaca artikel-artikel sebelumnya tentang beberapa penyakit pada organ reproduksi pria. Pada artikel kali ini, mungkin Anda akan menambah satu lagi wawasan tentang penyakit terkait. Mari simak ulasan singkat berikut.

Ochitis atau dalam bahasa Indonesia disebut orkitis adalah suatu penyakit atau kondisi medis dimana salah satu atau bahkan kedua testis pada organ reproduksi pria mengalami peradangan. Hal ini tentu saja akan mengakibatkan sakit atau nyeri yang luar biasa.

Seperti yang dilansir oleh laman nlm.nih.gov, orkitis biasanya disebabkan oleh bakteri ataupun virus. Virus yang paling umum yang memicu terjadinya penyakit ini adalah mumps. Bakteri ini berkembang atau menjangkit para anak muda yang baru saja menginjak masa dewasanya.

Sering ditandai dengan mimpi basah pada para pria. Masa perkembangan orkitis sendiri sekitar 4-6 hari setelah bakteri mumps muncul.

Penyakit ini juga bisa terjadi akibat penyakit lain yang sebelumnya telah menjangkiti Anda. Seperti contoh, epididimitis dan gonore. Hal ini dikarenakan karena umumnya orkitis juga bisa terjadi akibat perilaku seks yang menyimpang.

Jika seseorang berhubungan badan dengan seseorang yang memiliki penyakit pada organ reproduksinya juga, maka besar kemungkinan orang tersebut juga akan terjangkit. Sering disebut dengan menular. Namun hal yang unik adalah Anda terkadang tidak akan tertular oleh penyakit yang sama, melainkan jenis penyakit lain.

Contoh, Anda berhubungan dengan seseorang yang terjangkit penyakit gonore, maka Anda bisa terjangkit orkitis. Hal ini dikarenakan bakteri pada penyakit tersebut dapat berkembang menjadi organisme lain sesuai dengan inang (tubuh) manusia yang dijangkitinya.

Oleh: Dwi Yonas P.

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading