Sukses

Beauty

Penyakit Yang Menyerang Organ Dalam Wanita (1)

Organ dalam wanita, tanpa diragukan lagi, adalah salah satu aset paling berharga yang dimiliki oleh setiap wanita. Keberadaan mereka sangatlah penting terkait dengan fungsi utama mereka dalam system reproduksi. Oleh karenanya, kesehatan dari organ dalam Ladies harus selalu diperhatikan ya Ladies!

Kesehatan dari organ dalam wanita sangatlah penting untuk selalu diperhatikan mengingat penyakit yang menyerang organ-organ tersebut pada umumnya adalah penyakit-penyakit yang sifatnya mematikan.

Endometriosis adalah salah satu contoh penyakiti yang menyerang organ dalam Ladies. Endometriosis adalah suatu kondisi dimana terdapat kista di dinding endometrium.

Dinding endometrium sendiri adalah lapisan dinding rahim yang meluruh pada proses menstruasi. Normalnya, endometrium ini terdapat di rongga rahim. Namun, pada kasus ini, endometrium tidak tumbuh di rongga rahim melainkan di tempat lain seperti ovarium, oviduct, dan lain sebagainya.

Meskipun kebanyakan kasus endometriosis dapat ditangulangi melalui jalur operasi, tidak jarang pula ditemukan keadaan dimana kista terseut berubah menjadi kanker ganas seperti dilangsir dari dmu.edu.

Tanda-tanda dari endometriosis diantaranya adalah terdapat rasa penuh dan kembung pada perut, adanya tekanan pada dubur, haid yang tidak lancar dan teratur, adanya rasa mual, keluhan nyeru haid, pembesaran ovarium dan infertilisasi.

Menjaga pola makanan sehat tiga kali sehari dan melakukan olah raga yang cukup akan membantu tubuh Ladies untuk bertahan dari resiko terjangkit endometriosis. Catatan penting bagi wanita perokok, resiko munculnya endometriosis akan berkali lipat lebih besar untuk menghinggapi Ladies dibanding Ladies yang tidak memiliki kebiasaan merokok.

Oleh: Dwi Yonas Putranto

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading